.quickedit{ display:none; }

Social Icons

الأحد، 20 رجب، 1433 هـ

Surga Di Telapak Kaki Ibu



الجنة تحت أقدام الأمهات, من شئن أدخلن ومن شئن أخرجن 
"Surga berada di bawah  telapak kaki ibu. Siapa saja yang mereka kehendaki maka bisa mereka masukkan. Juga siapa saja yang mereka kehendaki bisa mereka keluarkan. "
Derajat: Palsu
Diriwayatkan oleh Ibnu Adi  (1/325), al-'Uqoili dari Musa bin Muhammad bin Atho' berkata,"Telah menceritakan kepada kami Abdul Malih, telah menceritakan kepada kami Maimun, dari Ibnu Abbas secara marfu'." Sisi cacatnya adalah Musa bin Muhammad bin Atho'. Dia seorang pendusta, sebagaimana dikatakan oleh Abu Hatim, Abu Zu;ah, Ibnu Hibban, dan lainnya.
  Hanya saja bagian pertama hadits ini mempunyai jalan lain yang diriwayatkan oleh Abu Bakr asy-Syafi'i dalam ar-Ruba'iyat (2/25), Abu Syaikh dalam al-fawaid, dan lainnya dari Anas secara marfu'. Namun pada sanadnya ada dua orang majhul, yaitu Manshur bin Muhajir dan Abun Nadhr.
  Syaikh al-Albani berkata," Sebagai ganti dari hadits ini adalah hadits Mu'awiyah bin Jahimah, bahwasanya dia datang kepada Rosulullah lalu berkata," Wahai Rosulullah, saya ingin ikut perang dan saya datang untuk minta pendapatmu.' Maka Rosulullah bersabda,' Apakah kamu mempunyai ibu?' 'Ya,' jawabnya. maka Rosulullah bersabda:
فالزمها فإن الجنة تحت رجليها
'Kamu bersama ibumu saja, karena surga itu berada di bawah kedua kakinya.' (HR. Nasa'i 2/54, Thobroni 1/225, Hakim 4/151, dan beliau menshohihkannya serta disepakati oleh adz-Dzahabi dan al-Mundziri).
(Lihat adh-Dho'ifah: 593)

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق